Sulitnya Mengakses Data Teknis dari OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTT

  • Whatsapp
Benyamin Lola (Baju Biru) / Foto: vg

Kota Kupang – Asisten Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Benyamin Lola mengatakan saat ini pihaknya kesulitan mendapatkan data teknis dari OPD di lingkup Pemprov NTT.

Menurut Lola, perubahan regulasi yang sering terjadi memerlukan langkah strategis dari Pemerintah Provinsi NTT untuk menyesuaikan diri dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Read More

“Namun kondisi nyata dalam penyusunan LKPJ Kepala Daerah tahun 2019 mengalami kesulitan dalam mendapatkan data teknis dari Perangkat Daerah (PD),” kata Benyamin Lola, Kamis (19/11/2020).

Selain kesulitan mendapatkan data teknis dari PD sebut Benyamin Lola, juga ditemukan adanya keterlambatan penyampaian data dari PD.

“Data dari PD hanya memuat nama, jumlah program, jumlah kegiatan, jumlah dana yang dialokasikan dan realisasi sampai tahun anggaran berjalan,” ujarnya.

Sedangkan realisasi program berdasarkan target RPJMD tidak ada, begitu juga manfaat maupun dampak dari program tersebut.

Karena itu, dia berharap dalam penyusunan LKPJ tahun 2020 ini PD dapat menyediakan data dan informasi secara tepat dan sesuai waktu yang telah diberikan.

“Data dari PD menggunakan format Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun  2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” tandas mantan Kadis P dan K Provinsi NTT tersebut.

Ia berharap agar kekurangan tersebut bisa dibenahi oleh setiap PD sehingga kedepan, kesulitan-kesulitan tersebut bisa diatasi. (vg/ab/nm)

Related posts