Mahasiswa Unwira Kupang Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Program Ramai Skali Bank NTT

  • Whatsapp
Penyerahan hadiah dari Dirut Bank NTT kepada Yohanes Ronaldo Deo Rato / Foto: Ama Beding

KUPANG – Mahasiswa Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Yohanes Ronaldo Deo Rato berhasil meraih juara I dalam lomba karya tulis ilmiah program Ramai Skali Bank NTT.

Pria yang akrab disapa Ronald ini mampu keluar sebagai pemenang pertama dengan karya tulis ilmiah berjudul “Evektifitas Penggunaan Uang Logam Sebagai Alat Transaksi Dalam Perekonomian Masyarakat Ngada”.

Read More

“Saya sangat tertarik mengikuti lomba ini. Karena tahun lalu sebenarnya saya mau ikut, tetapi belum lolos sehingga saya ikut lagi tahun ini,” ujar Ronald kepada wartawan usai menerima hadiah dari Bank NTT, Rabu (28/10/2020).

Ia menjelaskan, selama ini ada banyak permasalahan transaksi keuangan, terlebih dalam penggunaan uang koin di Kabupaten Ngada.

“Di Ngada itu ada banyak permasalahan terlebih dalam penggunaan uang koin yang menurut saya sangat kurang. Sehingga saya menulis tentang efektivitas penggunaan uang koin di Ngada,” ucap Ronald.

Mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan Unwira Kupang ini berharap agar Bank NTT bisa membuka kantor khas di Kabupaten Ngada untuk melayani kebutuhan uang logam.

“Sehingga masyarakat juga bisa mendapat edukasi bahwa uang logam itu masih bisa digunakan,” jelas Ronald.

Atas prestasi yang diraihnya, Ronald mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 15.000.000 dan sejumlah hadiah menarik lainnya dari Bank NTT.

Selain itu, lomba karya tulis ilmiah program Ramai Skali Bank NTT tahun ini cukup unik, karena ada dua orang bersaudara yang berhasil tampil sebagai pemenang.

Mereka adalah Stevie Cecylia Nombala, peraih juara I lomba tingkat SMA dan Viona Viktoria Nombala yang berhasil keluar sebagai pemenang ketiga lomba karya tulis ilmiah tingkat SMP.

Keduanya berasal dari SMAN I Soe dan SMPN I Soe dan merupakan peserta perwakilan Kantor Cabang Soe.

Untuk diketahui, Ramai Skali merupakan program edukasi dan literasi keuangan Bank NTT, dimana terdapat kegiatan lomba karya tulis ilmiah dan video edukatif yang melibatkan pelajar SMP, SMA, Madrasah, Mahasiswa dan masyarakat umum di seluruh Kabupaten/Kota di NTT.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari apresiasi Bank NTT kepada generasi muda NTT dalam bidang pendidikan dan literasi keuangan. (AB/NM)

Related posts