Kantor Kas Titipan BI di Bank NTT Cabang Labuan Bajo Resmi Beroperasi

  • Whatsapp
Proses peresmian kantor Kas Titipan BI di Bank NTT Cabang Labuan Bajo oleh Gubernur NTT, Viktor Laiskodat / Foto: Humas NTT

Labuan Bajo – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat meresmikan Kas Titipan Bank Indonesia (BI) di Kantor Bank NTT Cabang Labuan Bajo.

Peresmian Kantor Kas BI ini sebagai bentuk dukungan terhadap pariwisata sebagai leading sector pembangunan NTT lima tahun kedepan.

Read More

“Kami bersinergi dengan BI melalui aspek Ekonomi dan UMKM dengan menghadirkan Kas Titipan BI di Kantor Bank NTT Cabang Labuan Bajo sebesar 200 Miliar,” ujar Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, dalam sambutannya Kamis (5/11/2020)

Upaya pembukaan kantor kas tersebut untuk mendukung sistim pembayaran uang tunai dan peredaran uang di Labuan Bajo, Manggarai Barat sebagai pusat pengembangan pariwisata.

“Kami juga bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual untuk UMKM binaan kami sebanyak 236 UMKM dengan 157 UMKM di Manggarai Barat dan sisanya tersebar diseluruh NTT,” ucap Riwu Kaho.

Sementara itu, Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi BI NTT, Eddy Junaedi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas dukungannya sehingga terlaksana hubungan kerjasama dengan Bank NTT.

Ia berharap pengelolaan kantor kas  dan kendala-kendala yang dihadapi dapat teratasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sejak dibukanya kas ini, perputaran uang tunai di Labuan Bajo semakin bagus dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah ini,” jelasnya.

Junaidi juga memberikan apresiasi kepada Bank NTT karena telah mendukung BI untuk kesiapan kantor kas dan pengelolaanya.

“Kami berharap salah satu cabang pengelola kas di NTT bisa menjadi yg terbaik dan dapat award dari kantor pusat Bank Indonesia,” kata Eddy.

Untuk diketahui, terdapat 9 kantor kas BI yang sudah dikelola Bank NTT termasuk di Labuan Bajo dan menyusul di Kabupaten Sumba Timur.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan Labuan Bajo sebagai lokasi Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia.

Apresiasi juga diberikan kepada Bupati Manggarai Barat yang telah  mendukung kolaborasi Bank Indonesia dan Bank NTT untuk membuka Kas Titipan. 

“Kerjasama hari ini menunjukan kepercayaan diri kita untuk bersaing secara Internasional yang kita mulai dari Labuan Bajo,” jelas Gubernur Viktor Laiskodat.

Gubernur Laiskodat berharap Bank NTT terus berkembang maju dan manfaatkan momentum kebijakan pemerintah pusat yang senantiasa berpihak pada NTT.

“Bank Daerah kebanggaan NTT mesti terus berbenah diri, berikan pelayanan baik misalnya ATM yang tersebar di Labuan Bajo ini juga harus bagus dan canggih. Begitupun aspek lainnya juga mesti dilakukan perbaikan,” tandas Gubernur VBL.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para Staf Khusus Gubernur, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi NTT, Pimpinan Perangkat Daerah Provinsi, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten dan Para Pelaku UMKM serta jajaran pejabat Bank NTT. (*/Ama Beding)

Related posts