Bank NTT REI Expo 2020 Hadirkan Berbagai Tipe Rumah Impian Anda

  • Whatsapp
Pembukaan acara Bank NTT REI Expo 2020 di Lippo Plaza Kupang, Jumat (11/12/2020) / Foto: Ama Beding

Kota Kupang – DPD REI (Real Estat Indonesia) NTT dan Bank NTT menggelar expo atau pameran untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat NTT menemukan rumah impiannya.

Acara bertajuk Bank NTT REI Expo 2020 yang dilaksanakan di Lantai I Lippo Plaza Kota Kupang ini akan berlangsung mulai hari ini, Jumat (11/12/2020) hingga 10 hari kedepan.

Read More

Kegiatan ini berlangsung dalam penerapan protokol kesehatan yang ketat mengingat jumlah pasien covid-19 di NTT terus meningkat setiap hari, dan diikuti oleh 16 developer dengan 38 lokasi perumahan terbaik di NTT.

Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby mengatakan, pembangunan perumahan di NTT sedikit tersendat karena pandemi covid-19 dan kuota yang sangat terbatas. Namun, kebutuhan masyarakat untuk memiliki rumah terus meningkat setiap tahun.

“Di NTT, kebutuhan akan rumah setiap tahun terus meningkat sekitar 1.500-2000 unit rumah. Sementara REI NTT baru membangun sebanyak 2.500-3000 unit rumah,” ujar Bobby kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Ia menjelaskan, meskipun permintaan akan rumah sangat tinggi, tetapi saat ini jumlah kuota di beberapa Bank sudah habis, sehingga menyebabkan penurunan penyerapan pembangunan perumahan subsidi di NTT.

“Kuota kita juga sudah habis. Di Bank BTN sudah habis bulan April. Di BRI dan Bank NTT habis di bulan September,” jelas Bobby.

Saat ini, DPD REI NTT telah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan, Wakil Presiden dan Menteri PUPR sehingga dana rumah subsidi tahun 2021 dari Rp 11 Triliun menjadi Rp 16,5 Triliun.

“Jadi diharapkan penyerapan bisa maksimal di tahun 20201 mendatang,” ungkapnya.

Bobby juga mengapresiasi program Gebyar KPR Bank NTT yang berkolaborasi dengan REI NTT, dimana Bank NTT mensuplai programnya dengan mensubsidikan bunga kepada masyarakat, dibarengi suplai subsidi dari REI NTT.

“Jadi bunga rumah komersil untuk Bank NTT mencapai 8,75 persen pertahun. Tetapi kolaborasi dengan REI NTT, kita subsidi 2 persen pertahun. Sehingga total bunganya cuma 6,7 persen pertahun,” jelasnya.

“Kolaborasi antara REI NTT dan Bank NTT perlu dilakukan sehingga suatu saat kuota FLPP atau SSB sudah habis pun, masyarakat bisa memakai program rumah komersil,” tambah Bobby

Dalam event Bank NTT REI Expo, Bobby menargetkan sebanyak 150 unit rumah bisa laku terjual dengan total nilai penjualan mencapai Rp 25 Miliar.

“Mudah-mudahan bisa tercapai. Saya optimis. Karena rumah merupakan kebutuhan pokok. Pameran ini juga untuk merumahkan sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai rumah subsidi,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu kaho mengatakan, untuk membangun NTT, diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak. Seperti DPD REI NTT sebagai salah satu mitra dengan perbankan lain di NTT.

“Ini wujud komitmen dari kita semua bahwa kita tidak bisa berjalan sendiri apalagi membangun NTT dengan kekuatan sendiri. Jadi saatnya kita bersinergi dan berkolaborasi untuk mendorong program-program bermanfaat yang dilakukan DPD REI NTT,” jelas Riwu Kaho

Kata Alex, program DPD REI merupakan akselerasi dan daya dorong yang sangat bermanfaat. Karena, sampai saat ini Provinsi NTT masih menempati urutan ketiga provinsi termiskin di NTT. Salah satu indikatornya adalah perumahan.

“Apa yang dilakukan DPD REI hari ini merupakan suatu perjuangan yang luar biasa untuk membebaskan NTT dari kemiskinan,” jelasnya.

Kedepannya, lanjut Alex, ada beberapa potensi yang ingin dikembangkan bersama DPD REI NTT. Ia mengajak para developer untuk memikirkan pengembangan sektor pariwisata dengan membangun homestay yang bisa dijangkau oleh masyarakat.

“Mari kita diskusikan untuk mencari solusi pembangunan pariwisata dengan mendesain program kita masing-masing,” pungkas Riwu Kaho sekaligus membuka dengan resmi Bank NTT REI Expo 2020.

Hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran pengurus DPD REI NTT, Kepala Divisi Kredit Mikro, Johny Tadoe bersama para pejabat Bank NTT lainnya. (ek/ab/nm)

Related posts