Bank NTT Bersiap Menuju Bank Devisa, Dirut Apresiasi Dukungan Gubernur dan OJK

  • Whatsapp
Rapat bersama Direksi Komisaris Bank NTT dan Gubernur serta Kepala OJK / Foto: Bank NTT

Kota Kupang – Pada akhir tahun 2020 Bank NTT mulai berbenah menuju Bank Devisa pada 2022 sesuai Rencana Bisnis Bank NTT Tahun Buku 2021 – 2023.

Hal utama yang perlu dibenahi sesuai penilaian dari Otoritas Jasa Keuangan Povinsi NTT adalah perbaikan TKB atau Tingkat Kesehatan Bank NTT yang saat ini berada pada posisi Peringkat Komposit 3 (Cukup Sehat) menjadi Peringkat Komposit 2 (Sehat) di tahun 2021.

Read More

Perbaikan Tingkat Kesehatan Bank ini merupakan syarat untuk menunjang kegiatan usaha seperti transaksi derivative pada Bank Devisa.

Sehubungan dengan itu, maka wajib hukumnya selama 18 bulan sebelum menjadi Bank Devisa Tingkat Kesehatan Bank NTT harus Sehat.

Ada beberapa point yang menjadi perhatian penting untuk perbaikan Tingkat Kesehatan Bank yang tengah dipersiapkan Bank NTT yaitu Peningkatan Modal Rp 3 Triliun, perbaikan GCG, perbankan Profil Risiko dan Peningkatan Rentabilitas.

Hal yang serupa juga ditekankan oleh Kepala OJK Provinsi NTT pada acara Launching Go TKB 2 dan Penandatanganan Pakta Integritas PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur pada 30 November 2020.

Empat dasar yang harus diperbaiki Bank Pembangunan Daerah pada umumnya adalah Pembenahan Struktur Organisasi dan SDM, Aspek TI (Teknologi Informasi), Standarisasi Operasional dan Pemahaman, serta GRC (Good Governance, Risk Management Compliance).

Di tempat yang sama Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada OJK Provinsi NTT yang mendukung dan terus mendampingi proses program Bank NTT ini.

Ia menekankan pentingnya revitalisasi SDM Bank NTT yaitu dengan bekerja profesional tidak ada manipulasi, bekerja jujur dan tulus.

Sebelumnya, Pengurus Bank NTT yang terdiri dari Dewan Komisaris dan Direksi juga telah mempresentasikan Road Map Menuju Tingkat Kesehatan Bank Sehat “Go TKB 2″ Tahun 2021 dihadapan Gubemur NTT selaku Pemegang Saham Pengendali.

Gubernur NTT mendukung program ini dengan tetap memperhatikan komitmen Pengurus Bank NTT untuk menjadi Agen of Change dan menjaga Team Work yang solid.

Karena kedepan NTT akan menjadi pusat perhatian dunia yaitu di tahun 2024 Labuan Bajo menjadi tuan rumah G20.

Disitulah perfomance Bank NTT akan diperhitungkan jika telah menjadi Bank Devisa dan otomatis pergerakan ekonomi NTT akan meningkat. (*/ab/nm)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *